LAMPU LALULINTAS INI SUDAH BERUSIA 101 TAHUN

traffic light - lampu lalulintas

OHIO - Bayangkan jika kita hidup tanpa lampu lalu lintas (traffic light). Apalagi di era otomotif yang kian berkembang. Keberadaan lampu lalu lintas sangat dibutuhkan di persimpangan jalan.

Nah, tanpa adanya traffic light, petugas polisi bakal kesulitan karena mengatur lalu lintas dengan tangannya.

Lampu lalu lintas tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Masyarakat dunia sudah sangat diuntungkan oleh lampu yang selalu bergantian menyala ini. Ada merah, kuning dan hijau.

Dan tepat di hari ini, usia lampu lalu lintas telah memasuki usia ke-101 tahun. Lampu lalu lintas pertama kali terpasang di sudut jalan Euclid dan 105 di Cleveland, Ohio Amerika Serikat pada 5 Agustus 1914.

Bahkan untuk merayakan usia traffic light yang tidak muda lagi, Google membuat doodle yang menceritakan kegunaan lampu lalu lintas. Doodle unik itu hanya menampilkan perpaduan warna merah dan hijau. Merah untuk berhenti, dan hijau untuk melanjutkan perjalanan.

Konsep yang dibuat menggambarkan era otomotif yang belum terlalu berkembang, karena itu hanya memiliki dua warna lampu.

Bahkan jauh sebelum memiliki dua warna, lampu lalu lintas hanya memiliki lampu merah saja yang pertama kali dibuat oleh American Traffic Signal Company. Lampu merah berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

Dan butuh seorang operator yang akan mematikan lampu merah tersebut sebagai tanda kendaraan boleh jalan lagi. Tidak seperti di era maju yang sistem pengaturan lalu lintasnya secara otomatis.

Lampu lalu lintas terus berkembang dan semakin canggih. Beberapa alat ini memiliki penghitung mundur untuk penyeberang jalan serta penghitung mundur untuk pengendara mobil atau motor sebelum lampu berubah menjadi hijau. [Ikh/Syu]
Sumber : DISINI
Info lengkap kunjungi laman dibawah ini

Comments

Popular posts from this blog

DOWNLOAD LOGO PARTAI PERINDO CDR

GAMBAR MEME (Bagian 2)

KAMUS BAHASA BENCONG