10 KESALAHAN PENDATANG BARU SAAT BERBICARA DI HADAPAN UMUM

Kesalahan saat presentasi

Bagi sebagian orang yang baru belajar berbicara di hadapan umum - belajarlah bagaimana memberikan presentasi besar dan menjadi presenter yang lebih baik.Terry Gault, pengelola dan Wakil Presiden The Henderson Group, memberikan wawasan tentang bagaimana menjadi presenter yang lebih baik dengan menghindari beberapa kesalahan yang umum. Selain itu ia bertanggung jawab untuk pemilihan, pelatihan dan pengembangan semua pelatih dan fasilitator untuk The Henderson Group, dan telah menjadi instruktur dengan Henderson Grup selama lebih dari 15 tahun.Melatih keterampilan presentasi sejak tahun 1997, Terry Gault telah melihat beberapa pola yang jelas dalam perilaku presenter berpengalaman.

Berikut 10 kesalahan-kesalahan dan cara-cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kesalahan saat presentasi.

1. Menggunakan gerakan berskala kecil dan gerak tubuh.
Kebanyakan presenter pendatang baru takut untuk mengambil ruang terlalu banyak. Keragu-raguan ini datang seperti permintaan maaf kepada penonton.

2. Berbicara dengan energi yang rendah.
Sebenarnya, masalah ini tidak terbatas hanya untuk presenter pendatang baru. 80-90% dari presenter yang Terry Gault amati tidak mengeluarkan energi yang cukup. Oleh karena itu, mereka tampil sebagai mana mereka tidak terlibat, tidak menarik, dan antusias. Mendongkrak tingkat energi! Anda akan memerintahkan lebih banyak perhatian dan lebih percaya diri dan karisma.

3. Persiapan tidak cukup.
Memang, banyak presenter pendatang baru tidak tahu bagaimana mempersiapkan secara efektif,selain mempersiapkan media mereka. Pembicara berpengalaman melakukan banyak penelitian sehingga mereka merasa percaya diri dalam materi mereka dan kemampuan mereka untuk menanggapi pertanyaan penonton. Mereka berangan-angan tentang topik mereka bahkan selama 'down time' dan sering menemukan ide-ide paling kreatif ketika melakukan kegiatan lain. Seperti saat mengemudi, berbelanja, atau berjalan. Sangat penting untuk membuat beberapa konsep merevisi dan mengedit, untuk sampai pada bentuk yang paling sesuai dengan topik yamg akan di bicarakan.

4. Tidak cukup berlatih.
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pada para pembicara baru adalah kurangnya berlatih. Sehingga terkadang mereka gugup atau bahkan kehabisan kata-kata ketika berada di hadapan khalayak ramai. dan apa yang disampaikan tidak mengenai kepada pendengar.

5. Terpusat pada data presentasi.
Jika bicara Anda terfokus pada data daripada kisah hidup manusia maka Anda akan berada dalam kesulitan. di bulan Juni 2013 majalah Fast Company, Leslie Bradshaw, menyatakan: "Seni dalam mempersiapkan konten untuk konsumsi manusia yang optimal". tidak hanya berbicara kembali kepada Anda. Anda mengumpulkan, menganalisis, dan bercerita.

6. Bermain di area aman.
Banyak presenter pemula menghindari mengambil risiko. Terry Gault sering berkata, "Tidak mengambil risiko juga risiko." Ketika isi presentasi Anda terlalu aman, biasanya tampil sangat membosankan. kemampuan yang paling penting sebagai pembicara adalah kemampuan untukmendapatkan perhatian, dan mampu untuk menghindari mengambil risiko?

7. Menghindari kelemahan.
Bagi banyak presenter muda, Anda harus menemukan cara untuk menunjukkan kerentanan jika Anda ingin dilihat sebagai kredibel. Anda jelas berusaha keras untuk tampak sempurna, penonton cerdas akan melihat melalui tindakan Anda.

8. Membawa diri sendiri terlalu serius.
Banyak pembicara cenderung sangat serius dan formal. Jika mereka bisa membawa dari lebih dengan gaya informal alami mereka ke presentasi mereka, mereka akan lebih otentik dan menarik dan otentik. Dengan berbicara kepada mereka lebih informal, Anda memproyeksikan bahwa Anda adalah sama. Mereka akan mengangap sebagai kepercayaan. Seperti yang saya sering katakan kepada klien, "Jika Anda tidak bersenang-senang, Anda tidak melakukannya dengan benar."

9. Menyampaikan yang terlalu banyak materi.
Meskipun itu selalu lebih baik memiliki lebih banyak materi dari yang Anda butuhkan, Anda juga perlu tahu apa yang akan Anda potong jika Anda kehabisan waktu. Presenter pendatang baru merasa terdorong untuk melewati semua materi mereka bahkan jika itu berarti akan melewati waktu yang diberikan.

10. Bergegas.
Bergegas akan memperburuk setiap informasi yang ada atau masalah isi yang Anda akan sampaikan. Frase akan kehilangan dampak karena Anda bergegas. Melambat akan membuat Anda tampak jauh lebih tenang dan percaya diri dan berpengalaman.

Intinya dari semua itu
  • Meningkatkan persepsi penonton serta perasaan percaya diri dan mudah. 
  • Berikan waktu audiens untuk mencerna poin kunci Anda dan memberikan titik-titik dampak yang lebih besar.
  • Memberikan waktu untuk merumuskan pikiran Anda menjadi kalimat yang lebih ringkas dan meyakinkan.
Itulah beberapa tips dalam menyampaikan presentasi semoga bermanfaat
untuk info sumber lihat laman di bawah ini

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

DOWNLOAD LOGO PARTAI PERINDO CDR

GAMBAR MEME (Bagian 2)

KAMUS BAHASA BENCONG